Jasa pembuatan website & Software Aplikasi

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Neatbeans Berbasis GUI


Membuat kalkulator sederhana menggunakan  Java Netbeans cukup mudah, karena program yang ditulis tidak terlalu rumit, tapi memang perlu sedikit kesabaran kalo anda baru belajar Java Netbeans. Program ini saya buat dengan menggunakan Netbeans IDE 7.1.2.

Now, let's start to make the program :)

Buat Project Aplikasi Baru

Buka program Netbeans IDE yang sudah terinstal di PC.
Klik FILE --> NEW PROJECT

Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi Java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )

Pilih kategori Java, dan project Java Application, lalu klik Next
Nama project kita sekarang adalah Kalkulator.
Tips : Untuk Project Name saya sarankan tidak menggunakan spasi

Untuk lokasi project simpanlah di folder yang menurut anda aman.

Uncheck Create Main Class, karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class. Lalu klik Finish.
Project baru telah selesai dibuat.
Project bernama Kalkulator selesai dibuat.
Source Package masih kosong.

Persiapan desain interface  Aplikasi Java

Setelah membuat project baru, selanjutnya adalah mendesain tampilan kalkulator yang akan kita buat.

Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form

Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator, tidak boleh ada spasi di nama kelas. Lalu klik Finish
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, saya sarankan mengguankan Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).

Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design didokumen tampilan Kalkulator.java lalu lihat di Window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout

Mendesain tampilan aplikasi

Sekarang saatnya mendesain tampilan aplikasinya. Cukup drag dan drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam desain Kalkulator.java. Geser kiri kanan bawah atas panjang dan lebarnya hingga nampak seperti tampilan berikut ini :
Desain kalkulator sederhana di netbeans

Untuk merubah teks dan nama variabel komponen caranya :
Klik kanan pada komponen yang akan di modif --> EditText ( untuk merubah teks yang tampil ), Change Variabel Name ( untuk merubah nama variabel komponen ).

Agar sesuai dengan kode yang telah saya buat ganti Variabel Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati Java CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kode.

Menulis Kode Java

Setelah selesai membuat desain interface nya, sekarang saatnya kita akan menulis kode Java.
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source didokumen Kalkulator.java
Tulis definisi variabel tepat dibawah 
1
public class TampilanKalkulator extends javax.swing.JFrame {
?
1
2
3
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih; 
Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya jika user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di object actionPerformed
Berikut kode yang harus di tulis pada setiap JButton
JButton 0 s.d 9
1
2
angka += "x";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada JButton yang akan ditampilkan di display ( JTextField ).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
JButton Koma ( , )
1
2
angka += ".";
display.setText(angka);
Menambah simbol koma / point.
JButton C ( Clear )
1
2
3
4
5
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";

Memastikan semua komponen berniali Nol / Null.
JButton Tambah  ( + )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk JButton operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada JButton Tambah ( + )
JButton Kurang  ( - )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
JButton Kali ( * )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;
JButton Bagi  ( / )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
JButton Samadengan ( = )
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
    switch(pilih){
        case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 2:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 - angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 3:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 * angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 4:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 / angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
}
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display

Penyempurnaan tampilan

Setelah selesai munulis kode, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.
Mengatur Properti JFrame
Klik kanan diarea ( container ) desain JFrame --> Properties

  • Isi title JFrame
  • Uncheck resizable. Fungsinya agar saat program dijalankan user tidak bisa merubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame

Mengatur Properti JTextField

Klik kana di komponen JTextField yang berada di Container JFrame --> Properties 
  • Uncheck editable. fungsi nya agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard atau menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display ( JTextField ).
  • Horizontal Alignment ubah menjadi Right agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umum nya.

Menjalankan Aplikasi
Cara menjalankan aplikasi java yaitu klik Run --> Run Project --> Run File
Aplikasi Kalkulator Java

Selesai, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat dan bisa dipelajari lebih dalam lagi. Jika ada yang ingin bertanya atau belum paham silahkan tinggalkan pesan atau anda dapat mengirim email ke info.waliwis@gmail.com.


5 comments: